Gubernur Herman Deru Bentuk Timsus Penyaluran KUR di Sumsel

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 17:10 WIB
Gubernur Herman Deru Bentuk Timsus Penyaluran KUR di Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru akan membentuk tim khusus (timsus) penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Timsus ini dibentuk untuk menangani penyaluran KUR agar berjalan lancar.

"Permasalahan di lapangan yang sering kali ditemukan yaitu gagalnya pinjaman yang diajukan para petani kepada pihak bank dikarenakan adanya catatan kredit yang menunggak sehingga perlu dibentuk tim," kata Herman Deru di Palembang, Rabu (22/7/2020).

Atas permasalahan tersebut, pria yang kerap disapa HD ini meminta solusi kepada OJK dan para Kepala Kanwil Bank yang ada di Sumsel untuk memberikan kemudahan bagi para petani dalam mengajukan KUR.

Oleh karena itu pihaknya menginginkan dibentuknya tim khusus untuk menangani permasalahan KUR yang dihadapi sekarang dengan mengeluarkan formula baru.

"Begitu juga dalam tim itu harus mengikut sertakan Jamkrida sekaligus dengan persyaratan yang mudah," katanya.

Begitu juga kepada petani, HD meminta petani untuk menjadi insan ataupun nasabah yang interaktif jangan sampai menunggak dalam melakukan pembayaran yang akan menjadi masalah baru nantinya.

"Jadi hal seperti itulah yang harus dicarikan solusinya oleh OJK dan Bank yang berada di Sumsel sehingga perekonomian semakin berkembang," kata dia.

Terlebih, kata HD, saat ini sedang pandemi Covid-19, pendapatan masyarakat banyak yang menurun sehingga perlu adanya inovasi seperti pemberian KUR.

"Dalam pandemi sekarang ini ada faktor yang tidak boleh dikesampingkan seperti ekonomi dan kesehatan serta sosial," kata dia.

Oleh karena itu perlu didorong bersama sehingga mata rantai corona dapat diputus dan perekonomian berjalan dengan baik.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto