Gempa M5,8 Guncang Bengkulu, Terasa hingga Separuh Sumatra Selatan 

Tim MNC Portal · Kamis, 07 Januari 2021 - 07:45:00 WIB
Gempa M5,8 Guncang Bengkulu, Terasa hingga Separuh Sumatra Selatan 
Gempa terjadi di Bengkulu terasa sampai Sumsel. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Gempa dengan kekuatan 5,8 magnitudo dengan kedalaman 31 Km terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu Kamis tengah malam (7/1/2021), pukul 00:28 WIB. Selain membuat panik warga Bengkulu, gempa ini terasa di hampir separuh kabupaten dan kota di Sumatra Selatan (Sumsel). 

Informasi yang dihimpun sumsel.inews.id, gempa yang terjadi di provinsi tetangga ini terasa di Kabupaten Musi Banyuasin, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan OKU Selatan. Lalu Kota Lubuklinggau dan Kota Pagaralam. Bahkan ada warga Palembang yang mengaku merasakan guncangan gempa namun sangat kecil. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peta guncangan gempa M5,8 yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity atau MMI sebagai berikut, Kota Bengkulu IV-V MMI, Manna IV MMI, Kepahiang III-IV MMI, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Lahat pada III MMI, Pesisir Barat dan Liwa II - III MMI, Argamakmur, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah dan Empat Lawang III MMI, serta Kerinci II-III MMI. Semakin besar nilai MMI, semakin besar juga dampaknya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2