Edhy Prabowo: Sumsel Jadi Prioritas Budi Daya Perikanan

Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 12:50 WIB
Edhy Prabowo: Sumsel Jadi Prioritas Budi Daya Perikanan
Menteri KKP Edhy Prabowo (kanan) dan Gubernur Sumsel Herman Deru (iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo memprioritaskan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai lokasi budi daya perikanan. Budi daya ikan ini melalui program kerja di Ditjen Perikanan Budidaya KKP.

"Sumsel merupakan daerah yang memiliki cukup besar potensi perikanan budi daya dibandingkan dengan perikanan tangkap," kata Menteri Edy di Palembang, Selasa (28/1/2020).

Edy mencontohkan seperti di Kabupaten Musirawas, bupatinya telah menyiapkan lahan sebagai lokasi perikanan budi daya ikan indukan. Begitu juga Pulau Maspari, pesisir pantai Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel yang akan dijadikan pusat pembibitan ikan dan udang.

Hal ini menunjukkan, Sumsel mempunyai potensi budi daya perikanan karena memiliki banyak sungai.

"Di Sumsel saya melihat perikanan budidaya menjadi hal yang harus kita maksimalkan. Saya yakin ini bukan hal yang berat bagi kita semua karena yang terpenting adalah koordinasi," kata dia.

BACA JUGA: Edhy Prabowo Ingin Wilayah Sungsang Jadi TPI Strategis

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, kehadiran Edhy Prabowo di Sumsel ini merupakan suatu kebanggaan karena beliau sosok kebanggaan putra asli daerah yang menjadi menteri.

Gubernur mengatakan, setiap penjuru dengan beragam suku di Sumsel dapat dipastikan bahwa ikan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat daerah ini. Sehubungan itu pihaknya sangat mengharapkan digulirkannya program perikanan budidaya di Sumsel baik budidaya ikan maupun udang air tawar.

"Di Sumsel ini sangat tergantung dengan ikan. Bahkan, ikan busuk saja dimakan namanya Bekasam ini menunjukan betapa besarnya konsumsi ikan di Sumsel," kata Herman.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto