Edhy Prabowo Ingin Wilayah Sungsang Jadi TPI Strategis

Bambang Irawan ยท Senin, 27 Januari 2020 - 16:52 WIB
Edhy Prabowo Ingin Wilayah Sungsang Jadi TPI Strategis
Menteri KKP Edhy Prabowo (kanan) dan Gubernur Sumsel Herman Deru (iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ingin wilayah Sungsang di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) bisa menjadi tempat pendaratan ikan (TPI) strategis. Menurutnya, wilayah Sungsang memiliki potensi besar di bidang perikanan.

"Potensi ikannya bisa 700.000 ton per tahun, jika 50.000 ton saja yang masuk ke Sumsel maka suplai aman, apalagi pasarnya sangat dekat," kata Edhy di Palembang, Senin (27/1/2020).

Edhy menambahkan, tingginya potensi kolektif ikan diproyeksikan dari tangkapan kapal-kapal di wilayah laut Sumsel, Riau, Bangka dan Batam, sehingga TPI Sungsang akan menjadi yang terbesar di Sumsel.

Lebih lanjut Edhy mengatakan, potensi itu juga didukung dengan percepatan pengurusan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). SIPI bisa didapatkan dalam waktu hitungan jam agar para nelayan dapat melaut tanpa kendala perizinan serta didukung akses permodalan.

BACA JUGA: Menteri Edhy Kenalkan 22 Pejabat Baru KKP, Ada Ali Mochtar Ngabalin dan Effendi Ghazali

Edhy juga meminta Pemprov Sumsel tetap menggenjot sektor perikanan budidaya yang tidak kalah tinggi potensinya, dengan area perairan umum mencapai 2,5 juta hektar membuat Sumsel berpeluang unggul pada sektor tersebut.

"Kami yakin Sumsel sudah membuktikan bisa menghasilkan potensi dari sektor perikanan di danau, rawa dan sungai," imbuhnya.

Salah satunya potensi budidaya indungan ikan berada di Kabupaten Musi Rawas yang dapat menyuplai bibit ikan ke sembilan kabupaten di tiga provinsi di sekitarnya.

"Namun butuh komitmen kepala daerah yang kuat agar potensi benar-benar tercapai," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto