Dipercaya Jadi Sales, Oknum Polisi di Palembang Malah Gelapkan Uang Rp1,7 Miliar

Firdaus · Selasa, 08 September 2020 - 14:57:00 WIB
Dipercaya Jadi Sales, Oknum Polisi di Palembang Malah Gelapkan Uang Rp1,7 Miliar
Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumsel (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Seorang oknum anggota polisi berinisial DS yang berdinas di wilayah Kabupaten Ogan Ilir. Sumatra Selatan (Sumsel) dilaporkan rekan bisnisnya ke Mapolda Sumsel. Dia dilaporkan karena diduga telah menggelapkan uang tagihan milik perusahaan distributor semen senilai Rp1,7 miliar.

Kuasa hukum pelapor, Irsan Gusfrianto mengatakan, oknum itu berpangkat Aipda. Dia dilaporkan dengan kapasitasnya sebagai sales distributor semen.

"Jadi dia menawarkan semen ke beberapa toko bangunan di wilayah Ogan Ilir. Penggelapan tersebut diketahui setelah perusahaan distributor semen tersebut melakukan pembukuan penjualan semen," kata Irsan, Selasa (8/9/2020).

Kepala Siaga SPKT Polda Sumsel,Kompol Kahar Muzakir (Firdaus/iNews)
Kepala Siaga SPKT Polda Sumsel,Kompol Kahar Muzakir (Firdaus/iNews)

Setelah melakukan pembukuan, kata Irsam, oknum polisi itu tidak melakukan penyetorkan uang hasil penjualan semen selama satu tahun.

"Ini mengakibatkan kerugian mencapai Rp1,7 miliar," kata dia.

Lebih lanjut Irsan mengatakan, oknum polisi tersebut dipercaya menjadi sales karena latar belakangnya seorang anggota polri aktif.

Sementara itu, Kepala Siaga SPKT Polda Sumsel,Kompol Kahar Muzakir mengatakan, berdasarkan laporan pelapor/ berkas tersebut sudah diterima dan diserahkan ke Ditreskrimum Polda Sumsel.

"Berkasnya sudah kami sampaikan ke reserse. Menurut laporan betul ada oknum anggota," katanya.

dari palembang sumatera selatan/ firdaus/ inews melaporkan//

Editor : Nur Ichsan Yuniarto