Dibutuhkan 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat untuk Lawan Corona di Indonesia

Felldy Utama ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 20:56 WIB
Dibutuhkan 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat untuk Lawan Corona di Indonesia
Ilustrasi petugas medis tangani pasien virus korona (Foto: Sindonews).

JAKARTA, iNews.id - Indonesia butuh 1.500 dokter dan 2.500 perawat untuk melawan virus corona atau Covid-19. Untuk memenuhi kuota tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membuka pendaftaran relawan.

"Dokter yang dibutuhkan antara lain spesialis paru-paru, anastesi, umum hingga pranata laboratorium," kata Koordinator Relawan Gugus Tugas, Andre Rahadian, Kamis (26/3/2020).

Andre menambahkan, selain itu dibutuhkan juga relawan untuk posisi administrasi rumah sakit dan sopir ambulans. Pendaftaran relawan dilakukan secara online lewat microsite di laman situs resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Lebih lanjut Andre mengatakan, mahasiswa juga diperkenankan ikut andil dengan berada di lapis kedua dalam hal pencegahan.

"Teman-teman mahasiswa bisa membantu konsultasi psikologis maupun medis yang bisa dilakukan melalui telepon atau online," kata dia.

Gugus tugas bekerja sama dengan banyak asosiasi, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, dan lain-lain untuk menghimpun tenaga relawan. Andre berharap pembukaan pendaftaran ini mendapat dukungan dari semua masyarakat Indonesia.

"Mudah-mudahan Gugus Tugas mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia dengan menjadi pejuang kemanusiaan," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto