Demam Tinggi dan Sesak Napas Pulang Umrah, Pria 64 Tahun Dirujuk ke RSMH Palembang

Antara ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 17:18 WIB
Demam Tinggi dan Sesak Napas Pulang Umrah, Pria 64 Tahun Dirujuk ke RSMH Palembang
Petugas KKP Bandara SMB II Palembang merujuk seorang pasien dugaan terinfeksi virus corona ke RSMH Palembang, Selasa (3/3/2020). (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id – Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang merujuk seorang pria berusia 64 tahun berinisial M ke Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang. Pasalnya, pulang umrah, pria tersebut mengalami gejala batuk dan sesak napas.

Pria tersebut diketahui tiba di Bandara SMB II Palembang, Selasa (3/3/2020) pukul 10.20 WIB, dari Jedah dengan Pesawat Lion Air JT89. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, dia dirujuk ke RSMH Palembang pukul 14.10 WIB.

“Ya, tadi ada satu orang kami rujuk ke RSMH dengan gejala suhu tubuh di atas 38 derajat celcius," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara SMB II Palembang Nur Purwoko saat dikonfirmasi.

M dibawa petugas dengan seragam dengan ambulans dan alat kelengkapan khusus menuju RSMH Palembang. Dia telah diperiksa terlebih dahulu di ruang isolasi Bandara SMB II Palembang.

Pria tersebut mengalami gejala batuk dan sesak napas dengan catatan diagnosa Mers, namun pihaknya belum bisa memastikan pria tersebut suspect virus korona atau Covid-19. Arab Saudi belum mencabut status Mers.

“Dari diagnosa, gejalanya mengarah ke Mers karena Arab Saudi sepanjang pengetahuan kami belum ada kasus Covid-19,” katanya.

Sementara RSMH Palembang akan menggelar konferensi pers pada Selasa sore ini terkait pasien rujukan tersebut.


Editor : Maria Christina