Danau Ranau Ikon Peringatan Hari Air Dunia di Sumsel

Antara · Sabtu, 26 Maret 2022 - 05:25:00 WIB
Danau Ranau Ikon Peringatan Hari Air Dunia di Sumsel
Danau Ranau di OKU Selatan menjadi ikon peringatan Hari Air Sedunia 2022. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII menjadikan Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sumatera Selatan sebagai ikon puncak peringatan Hari Air Dunia ke-30 yang Rabu (30/3/2022). Berbagai kegiatan akan digelar sekaligus untuk memperkenalkan Danau Ranau sebagai destinasi wisata air di Sumsel.

Kepala BBWS Sumatera VIII Maryadi Utama mengatakan Danau Ranau dipilih karena di balik kejernihan airnya hidup habitat ​​​​​​seperti ikan, udang dan hewan lain semacamnya yang telah dimanfaatkan masyarakat di daerah itu sejak dulu, untuk kebutuhan pangan ataupun penunjang perekonomian. ​Melihat nilai kemanfaatannya itu Danau Ranau dinilai tepat untuk menjadi ikon Hari Air Dunia ke-30 tahun ini yang bertemakan “Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan”.

“Keberadaan Danau ini sangat vital bagi masyarakat, maka Masyarakat perlu mendapatkan pemahaman dan kesadaran bahwa mereka bertanggung jawab untuk memelihara lingkungan, itu yang kami kedepankan mengapa memilih Danau Ranau,” katanya, Jumat (26/3/2022).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: