Curi 2 Motor Tetangga, Residivis Curanmor di Muba Ditangkap Polisi

Nur Ichsan ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 18:14 WIB
Curi 2 Motor Tetangga, Residivis Curanmor di Muba Ditangkap Polisi
Ilustrasi barang bukti kejahatan curanmor (Antara)

MUBA, iNews.id - Jajaran Unit Reskrim Polsek Babat Toman (Batman) pelaku pencurian. Pelaku diketahui bernama Feri Irawan (26), warga Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kapolsek Batman AKP Ali Rojikin menangatakan, pelaku ditangkap di kediamannya beberapa hari yang lalu. Dia ditangkap karena diduga mencuri dua sepeda motor milik tetangganya bernama Zulheri (42).

"Pelaku mencuri motor bersama temannya SR (DPO). Keduanya masuk garasi korban dengan cara merusak kunci pagar," kata Ali, Jumat (31/7/2020).

Ali menambahkan, setelah masuk ke garasi korban, pelaku mengambil dua unit sepeda motor Honda Scoopy Nopol BG 4968 SP dan Yamaha Mio GT warna merah hitam.

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp10 juta," kata dia.

Setelah menerima laporan, polisi melakukan penyelidikan. Hasilnya, kata Ali, sepeda motor Scoopy korban berada di B2 Dusun I Desa Sido Rahayu, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Muba.

Ali melanjutkan, polisi kemudian melakukan penggerebekan di rumah penadah berinisial TM (DPO). Menurut keluarga TM, motor itu milik TM yang dibeli dari tersangka Feri.

Dari rumah TM, kata Ali, polisi kemudian menggerebek Feri di rumahnya. Dia ditangkap tanpa perlawanan. Hasil pemeriksaan, pelaku menjual sepeda motor itu ke TMO dengan harga Rp3,7 juta.

"Dibayar Rp2,5 juta, sisanya bayar utang sabu Rp500.000 dan beli sabu lagi Rp700.000,” katanya.

Ali mengatakan, Feri merupakan residivis pencurian dan pernah melakukan pencurian di enam TKP. Tiga TKP di wilayah hukum Polres Muba, dan tiga TKP lagi di wilayah hukum Polda Jambi.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto