Cerahkan Masyarakat, Partai Perindo Gelar Edukasi Politik di Musi Banyuasin

Edi Lestari ยท Minggu, 22 November 2020 - 17:49:00 WIB
Cerahkan Masyarakat, Partai Perindo Gelar Edukasi Politik di Musi Banyuasin
DPD Partai Perindo Musi Banyuasin menggelar edukasi politik ke masyarakat di Desa Beruge, Kecamatan Babat Toman. (Foto: iNews/Edi Lestari)

MUSI BANYUASIN, iNews.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menggelar edukasi politik di Desa Beruge, Kecamatan Babat Toman, Minggu, (23/11/2020). Acara yang diikuti 50 pengurus dan kader Partai Perindo Cabang Babat Toman serta masyarakat itu tetap mengutamakan protol kesehatan (prokes).

Ketua DPD Partai Perindo Musi Banyuasin, Andri Septa mengatakan, politik adalah suatu cara untuk mencapai tujuan.

"Dewasa ini banyak stigma negatif tentang politik, melalui proses sosial politik inilah para anggota masyarakat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan politik yang berlangsung dalam masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, mayoritas masyarakat mengartikan politik sebagai segala cara untuk memperoleh kekuasaan seyogianya ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, elit partai politik dan partai-partai politik. “Edukasi politik ini agar masyarakat tidak salah kaprah dengan politik,” ujar Andri.

Pentingnya pendidikan politik, kata dia, akan memberikan pemahaman yang baik terhadap moral dan etika politik sehingga tidak terjebak dalam paradigma politik yang salah.

Andri menjelaskan, pendidikan politik yang diharapkan adalah pendidikan untuk membentuk individu menjadi persiapan negara yang bertanggung jawab secara etika dan moral untuk mencapai tujuan negara.

"Demokrasi yang berkualitas adalah demokrasi yang mampu mewujudkan cita-cita negara dan sesuai dengan pembukaan undang-undang Dasar 1945 alinea ke-4," kata Andri.

Menurut dia, berdasarkan Inpres Nomor 12 tahun 1982 tentang pendidikan politik bagi generasi muda yang menjadi landasan hukum pendidikan politik yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan landasan operasionalnya GBHN. “Sedangkan landasan historis yaitu Sumpah Pemuda 18 Oktober 1928 dan Proklamasi 17 Agustus 1945", katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2