Cegah Penyebaran Corona, Warga Sumsel Diminta Aktif untuk Mendata Pendatang

Antara ยท Selasa, 14 April 2020 - 19:22:00 WIB
Cegah Penyebaran Corona, Warga Sumsel Diminta Aktif untuk Mendata Pendatang
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) diminta untuk membantu pemerintah provinsi untuk mendata pendatang baru di Sumsel. Permintaan ini langsung disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru.

"Masyarakat juga membantu aparat desa untuk mendata siapapun yang datang dari daerah luar Sumsel. Ini untuk mengantisipasi paparan virus corona di daerah ini termasuk menekan virus tersebut," kata Herman, Selasa (14/4/2020).

Selain itu, kata Herman, dia juga mengimbau agar setiap desa mendirikan tempat isolasi mandiri guna mengantisipasi bila ada orang dalam pemantauan (ODP) terlebih untuk mengkarantina pendatang.

Herman juga mengapresiasi desa-desa yang sudah membuat tempat isolasi termasuk asupan makan ODP yang didukung masyarakat setempat.

Herman mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu masyarakat di Sumsel yang terdampak ekonomi akibat adanya virus corona terlebih masyarakat di Sumsel berprofesi sebagai petani.

Oleh karena itu, lanjut Herman, Pemprov Sumsel membeli beras yang dihasilkan para petani tersebut kemudian diberikan kepada ASN dan juga honorer di lingkungan Pemprov Sumsel.

"Ini menjadi salah satu cara pemprov untuk menjaga stamina mereka dalam beraktivitas ekonomi di tengah wabah seperti ini," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto