Cegah Penularan, Pasien Covid-19 Sumsel Disarankan Isolasi di Tempat Khusus

Antara ยท Minggu, 12 Juli 2020 - 10:02 WIB
Cegah Penularan, Pasien Covid-19 Sumsel Disarankan Isolasi di Tempat Khusus
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pasien positif Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) disarankan untuk menjalani isolasi mandiri di tempat yang telah disediakan pemerintah. Hal ini dilakukan agar para pasien lebih mudah dikontrol dan lebih aman untuk lingkungan sekitar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan isolasi pasien di tempat khusus yang disediakan pemerintah kabupaten/kota akan lebih aman bagi keluarga dan lingkungan pasien.

"Tak hanya itu, follow up pemeriksaan spesimen juga lebih tepat waktu," kata Yusri, Minggu (12/7/2020).

Dia mengatakan baik Pemprov Sumsel maupun pemkab/pemkot telah menyediakan lokasi isolasi atau karantina dengan fasilitas yang sesuai standar, kamar tidur, serta kamar mandi diperuntukan hanya satu kasus sehingga tidak bercampur.

Isolasi mandiri di rumah, kata dia, memungkinkan barang-barang atau aktivitas di dalam rumah bercampur dengan sesama anggota keluarga, sehingga kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan jika tidak ada disiplin dari warga yang berkasus virus.

"Memang tidak signifikan memperbesar tingkat kesembuhan, tetapi isolasi di fasilitas pemerintah lebih meminimalisir penyebaran Covid-19 itu sendiri," katanya.

Berdasarkan data harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, kasus positif Sumsel mencapai 2.604 kasus. 1.232 kasus masih mendapat penanganan. Sebanyak 106 di RS rujukan, RS darurat ada 608 orang, isolasi mandiri 519 orang.

Total kasus sembuh di Sumsel mencapai 1.249 orang atau mencapai 48 persen, presentasenya semakin menurun sepekan terakhir dan membuat tingkat kesembuhan Sumsel berada pada peringkat ke-25 dari 27 provinsi di Indonesia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto