Gubernur Sumsel Herman Deru Dukung Pengembangan Kawasan Unggulan Lapangan Golf Kenten

Bambang Irawan ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 18:24:00 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru Dukung Pengembangan Kawasan Unggulan Lapangan Golf Kenten
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru. (Foto: iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru kembali menekankan Pemprov Sumsel mendukung pengembangan kawasan lapangan golf Kenten Palembang. Areal itu bakal dikembangkan menjadi kawasan unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam pengembangan ini, kata Herman Deru, PT Pertamina dan Pemkot Palembang dituntut untuk melakukan percepatan penyelesaian persoalan terkait aset lapangan golf. Dengan begitu, program pengembangan kawasan tersebut dapat segera direalisasikan.

"Sebagai kepala daerah saya menyambut baik rencana pengembangan itu. Itu sudah saya katakan beberapa waktu lalu. Namun permasalahan soal aset ini harus dihentikan dulu sehingga progres pengembangannya dapat segera dijalankan," kata Herman Deru saat menerima tim penyelesaian aset PT Pertamina di ruang rapat gubernur, Rabu (1/7/2020).

Menurut Herman Deru, semua pihak baik PT Pertamina maupun Pemkot Palembang harus menyamakan persepsi sehingga permasalahan terkait kepemilikan aset ini dapat segera dituntaskan. Terlebih, rencananya beberapa pekan ke depan ada kesepakatan mengenai penyelesaian permasalahan aset tersebut.

"Kami meminta pihak-pihak terkait merumuskan secara teknis sehingga mencapai hasil yang tebaik. Jika kita telah berpijak pada landasan pemikiran yang sama, maka tentu ini (pengembangan) bisa segera dijalankan," ujarnya.

Dia juga menyayangkan terjadinya permasalahan aset ini. Sebab, aset lapangan golf Kenten tersebut merupakan milik bersama yang tentunya harus dijaga oleh seluruh pihak.

Herman Deru mengatakan, sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, tentu dirinya tidak ingin sengketa ini terjadi. Permasalahan ini harusnya tidak terjadi karena aset itu milik negara, konkretnya milik masyarakat Sumsel.

"Ini hanya persoalan ego dan permasalahan ini harusnya bisa diselesaikan nonpengadilan. Jika dikembangkan, saya minta ini membawa dampak baik bagi kemajuan perekonomian masyarakat," katanya.

Diketahui, persoalan aset tersebut memiliki kronologi yang cukup panjang. Bermula dari perjanjian sewa-menyewa antara Gubernur Sumsel dengan NV Standard Vacuum Petroleum Maatschappiy pada 17 Maret 1956 silam terhadap hak sembilan bidang tanah yang hingga saat ini digunakan untuk lapangan golf.

Mediasi dan fasilitasi terus dilakukan hingga dibuatlah nota kesepahaman antara Pemprov Sumsel, PT Pertamina dan Pemkot Palembang pada 25 Juli 2012 lalu untuk bersama-sama menyelesaikan administrasi aset. Hanya saja, kesepakatan tersebut tak juga membuahkan hasil.

"Saya minta penyelesaian ini dirumuskan sehingga membawa dampak baik untuk semua khususnya masyarakat. Dengan begitu pengembangan bisa dilakukan, namun tetap harus mempertahankan kelestarian alam di sekitarnya," katanya.

Sementara itu, SVP Asset Planning & Operation MGT Pertamina Hermawan mengatakan, pihaknya juga tentu mendukung pengembangan aset lapangan golf Kenten menjadi kawasan unggulan di Palembang. Terlebih, hal itu merupakan program yang telah dicanangkan pihaknya.

"Tentu kawasan ini memiliki potensi besar dan menghasilkan manfaat yang tinggi bagi semua pihak, khususnya masyarakat. Apalagi kami sudah memiliki program untuk mengubah aset menjadi kawasan yang memiliki daya tarik. Palembang memiliki berbagai wilayah yang bagus sehingga itu bisa menjadi salah satu kawasan unggulan di Palembang," kata Hermawan.

Dia juga berharap, dengan kesepakatan yang beberapa dilakukan beberapa pekan mendatang dapat membawa manfaat bagi semua pihak.

"Kesepakatan yang dilakukan nanti diharapkan dapat membawa manfaat bagi semua pihak. Setelah itu dilakukan, kita targetkan pengembangannya bisa dilakukan di tahun depan," katanya.

Editor : Maria Christina