Cegah Karhutla, Pemkab Banyuasin Bangun Embung di 11 Kecamatan

Antara ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 19:52 WIB
Cegah Karhutla, Pemkab Banyuasin Bangun Embung di 11 Kecamatan
Ilustrasi air di lahan gambut untuk cegah kebakaran hutan dan lahan di Sumsel (Antara)

BANYUASIN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) membangun 11 embung. Pembangunan embung ini untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Bupati Banyuasin Askolani mengatakan, 11 embung itu masing-masing dibangun di Kecamatan Rambutan, Banyuasin I, Talang Kelapa, Tanjung Lago, Air Kumbang, Muara Padang, Muara Sugihan, Air Saleh, Makartijaya, Pulau Rimau, dan Tungkal Ilir.

"Dari 11 kecamatan itu, terdapat terdapat lima kecamatan yang lebih diperhatikan karena pada tahun lalu terdapat 6.813 titik api di kawasan itu," kata Askolani, Selasa (7/7/2020).

Askolani melanjutkam, lima kecamatan itu yakni Cengal, Tulung Selapan, Pangpangan, Pedamaran, dan Mesuji.

Untuk.diketahui, Pemerintah Provinsi Sumsel menyiapkan helikopter untuk tangani karhutla. Helikopter itu dilengkapi dengan bom air untuk memadamkan api.

"Pemerintah Provinsi Sumsel telah menyiapkan sarana dan perlengkapan lainnya dalam pencegahan karhutla, salah satunya kendaraan udara helikopter," kata Kepala BPBD Sumsel Iriansyah.

Iriansyah menambahkan, heli yang disiapkan antara lain untuk bom air yang berguna memadamkan titik panas. Heli juga digunakan untuk patroli memantau titik panas. Peralatan pemadaman api lainnya yang digunakan adalah pompa air.

“Peralatan perlengkapan pencegahan karhutla sebagian telah disebar ke lokasi rawan terutama di areal gambut,” katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto