Cegah Bencana Asap Akibat Karhutla, Kodam Sriwijaya Gencarkan Sosialisasi

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 12:13 WIB
Cegah Bencana Asap Akibat Karhutla, Kodam Sriwijaya Gencarkan Sosialisasi
Ilustrasi pembakaran hutan dan lahan (Berrie Brima/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus dimaksimalkan untuk mencegah terjadinya kabut asap. Pencegahan yang dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi di wilayah yang rawan karhutla.

"Satgas saat ini sudah melaksanakan pencegahan antara lain melaksanakan sosialisasi termasuk di Kabupaten Musi Banyuasin," kata Danrem 044/Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji dalam keterangan resminya di Palembang, Selasa (28/7/2020)

Jauhari menambahkan, pencegahan dilakukan karena pihaknya tidak menginginkan terjadi karhutla yang dapat menimbulkan kabut asap seperti tahun 2015.

“Kita berharap di 2020 ini kemarau basah, sehingga karhutla dapat dicegah," kata dia.

Selain itu, kata dia, pihaknya turun langsung ke lapangan untuk mengecek titik api supaya tidak terjadi karhutla.
Bukan itu saja tetapi pihaknya juga melakukan kegiatan pemantauan melalui satelit untuk melihat perkembangan titik panas yang ada di Sumsel.

"Apalagi satelit LAPAN sudah bisa mendeteksi titik api yang terjadi di wilayah Sumsel sehingga bisa langsung dimonitor daerah mana yang ada," katanya.

Jika timbul titik api, lanjut Jauhari, maka para Babinsa berupaya melakukan pemadaman sehingga tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Bahkan, Babinsa, Babinkantibmas, Kepala Desa semuanya dapat dihubungi bila terjadi Karhutla sehingga pencegahan secara dini dapat maksimal," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto