Buat Paket Wisata dengan Lampung, Pemkot Palembang Targetkan Wisatawan Meningkat 6 Persen

Antara ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 21:30 WIB
Buat Paket Wisata dengan Lampung, Pemkot Palembang Targetkan Wisatawan Meningkat 6 Persen
Sungai Musi dan Jembatan Ampera salah satu ikon Palembang (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menggandeng Provinsi Lampung untuk mengolah paket wisata. Rencana ini muncul untuk menyikapi dan memanfaatkan adanya Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan kedua daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, Palembang menjadi kota perlintasan menuju provinsi-provinsi di Sumatera seperti Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau hingga Aceh.

"Jadi, ruas jalan tol Palembang-Lampung ini membuat kota ini (Palembang) semakin terdongkrak," kata Isnaini, kamis (6/2/2020).

Isnaini menambahkan, jika pariwisata Palembang terdongkrang, maka target pertumbuhan jumlah wisatawan di tahun 2020 bisa mencapai 6,0 persen dari jumlah wisatawan tahun 2019 yakni 2,1 juta turis lokal dan 12.000 turis mancanegara.

"Kami sangat optimis target ini tercapai karena harga tiket pesawat sudah mulai turun, dan adanya alternatif lain yakni jalur darat melalui tol. Jika pada 2019 ada isu politik karena ada Pilpres, tahun ini sudah tidak ada lagi," kata dia.

Tak hanya itu saja, Pemkot Palembang juga akan mengusulkan paket wisata dengan Lampung.

"Lampung menawarkan wisata alamnya karena di sana ada laut dan pantai, sedangkan Palembang dengan wisata kulinernya," kata Isnaini.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto