BPJS Ketenagakerjaan Bidik 51.000 Pekerja Informal di Palembang, di Antaranya Pedagang Pasar Tradisional 

Bambang Irawan · Jumat, 02 Desember 2022 - 08:35:00 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Bidik 51.000 Pekerja Informal di Palembang, di Antaranya Pedagang Pasar Tradisional 
Peerja informal di Palembang menerima kartu kepesertaan BPJS Ketenegakerjaan. (Foto: Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) Cabang Palembang menargetkan sebanyak 51.000 pekerja informal menjadi peserta. Saat ini, 35.000 pekerja termasuk di antaranya pedagang di Pasar 16 Palembang telah terlindungi program dari BPJS Ketenagakerjaan. 

“Masih ada 16.000 pekerja lagi yang perlu kami kejar untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang Moch Faisal, Kamis (1/11/2022).

Faisal mengatakan pihaknya sudah mengerahkan berbagai upaya untuk mencapai target itu. Mulai dari sosialisasi dan gandeng RT/RW hingga ke level provinsi, yakni kerja sama dengan Pemprov Sumsel. 
  
Masih terdapat sejumlah kendala untuk menjangkau pekerja informal menjadi peserta program BP Jamsostek. Salah satunya, menyangkut keterbatasan sumber daya manusia (SDM) BPJS Ketenagakerjaan. 

BPJamsostek pun telah melakukan terobosan dengan membentuk agen perisai yang bertugas mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman program-program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat di desa. Perisai diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Jaminan Sosial, tak peduli apapun profesi yang sedang dijalani.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: