Belanja APBD untuk PNS Gede, Mendagri: Jalan Rusak Tak Diurus

Dita Angga ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 15:07:00 WIB
Belanja APBD untuk PNS Gede, Mendagri: Jalan Rusak Tak Diurus
Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan seringkali porsi anggaran untuk pegawai PNS daerah lebih tinggi dibandingkan belanja modal. Hal ini berdampak pada tidak maksimalnya pembangunan dan sering jalan rusak dibiarkan tanpa diurus. 

“Jalan-jalan rusak. Sampah bertebaran. Karena apa? Karena belanja modalnya kecil. Ada saya cek belanja modalnya hanya 12%. Artinya belanja operasionalnya lebih kurang 88%. Hanya 12%. Nanti 12% pun yg digunakan untuk pegawai rapat-rapat lagi itu mungkin 3%,4%,5%. Jadi yg sampai ke masyarakat 7%, 8%. Ini menyedihkan,” katanya dalam Musrenbangnas, Selasa (4/5/2021).

Dia mengaku telah melakukan pengecekan ke daerah terkait hal ini. Menurutnya banyak kepala daerah yang tidak tahu soal ini. “Saya sudah cek juga kepada teman-teman kepala daerah. Teman-teman kepala daerah tidak tahu, main tanda tangan saja. Kenapa? Karena diajukan oleh Bappeda, kemudian diajukan oleh Sekda. Kemudian yang penting apa yang dititipkan oleh kepala daerah itu terakomodir yaitu tanda tangan. Itulah yang terjadi,” katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2