Belanja Pegawai di Pemda Tinggi, Mendagri: Dampak ke Masyarakat Tidak Banyak

Dita Angga ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 14:55:00 WIB
Belanja Pegawai di Pemda Tinggi, Mendagri: Dampak ke Masyarakat Tidak Banyak
Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut hampir semua daerah memiliki porsi belanja pegawai yang cukup tinggi. Sebagian besar anggaran di daerah diperuntukkan untuk pegawai dan operasional atau beli barang yang ujung – ujungnya untuk pegawai.

Hal ini berdampak pada belanja yang sampai ke masyarakat tidaklah banyak. “Kami sudah keliling ke berapa daerah. Saya tidak ingin sebutkan. Tidak enak. Hampir semua daerah itu belanja itu proporsi belanja modalnya kecil. Belanja modal itu adalah belanja langsung ke masyarakat. Baik untuk pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” katanya dalam Musrenbangnas, Selasa (4/5/2021).

Dia menyebut bahwa sebagian besar belanja di daerah diperuntukan untuk belanja pegawai dan operasional. Bahkan belanja operasional pun ujung-ujungnya juga untuk pegawai.

“Hampir 70a%, ada bahkan yang 80% itu belanja untuk pegawai atau belanja operasional. Jadi belanja pegawai dan belanja operasional untuk pegawai juga. Termasuk beli barang untuk kepentingan pegawai juga,” ujarnya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2