Baznas Sumsel Luncurkan ZMart untuk Mustahik

Dede Febriansyah ยท Rabu, 14 September 2022 - 20:37:00 WIB
Baznas Sumsel Luncurkan ZMart  untuk Mustahik
Baznas Sumsel saat meluncurkan ZMart untuk mustahik. (Foto: Dede Febriansyah/iNews.id)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berkomitmen mendorong kesejahteraan Mustahik atau penerima zakat melalui penyaluran zakat, infak dan sedekah dari masyarakat. Yakni dengan program ZMart

Ketua Baznas Sumsel Najib Haitami mengatakan, dalam misi mensejahterakan mustahik, pihaknya meluncurkan program ZMart yang merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban.

"Program ZMart merupakan program unggulan Baznas RI yang telah memberi kesejahteraan kepada mustahik dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga miskin," kata Najib saat menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), Rabu (14/9/2022).

Menurutnya, melalui Rakorda dan MoU bersama UIN Raden Fatah Palembang, Baznas Sumsel akan terus berupaya hadir di tengah masyarakat melalui berbagai program produktif demi tercapainya visi sebagai lembaga utama yang menyejahterakan umat.

"Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat mendorong kesejahteraan Mustahik melalui program positif dan mampu meningkatkan literasi zakat di tengah masyarakat," jelasnya.

Najib menambahkan, melalui Rakorda ini pihaknya juga bertujuan untuk menciptakan koordinasi dan konsolidasi yang solid antara Baznas Kabupaten/Kota, sehingga hasil resolusi Rakernas Baznas RI bisa berjalan optimal dan terealisasi dengan baik, terlebih adanya delapan program prioritas yang menjadi fokus Baznas pada tahun 2023 mendatang.

"Sebagaimana hasil Resolusi Rakernas, Baznas seluruh Indonesia bersepakat untuk bekerja keras demi memetik hasil terbaik, yang muaranya adalah kesejahteraan umat. Melalui dana zakat yang disalurkan, kami berkomitmen menjaga dan menuntun mustahik agar terus berdaya sehingga bisa bertransformasi menjadi muzaki di kemudian hari," ucapnya.

Selain itu, kata Najib, Baznas Sumsel diharapkan dapat memainkan perannya dalam pengelolaan zakat yang lebih profesional dan menjaga mutu amil yang kompeten, yang akan berimbas pada meningkatnya penghimpunan zakat.

"Kami terus mengupayakan sistem pengelolaan zakat yang terstruktur dengan baik, agar Baznas tidak hanya sekedar menjadi wadah menghimpun dana, tetapi juga mampu menyalurkan secara tepat dan optimal," ujarnya.

Menurutnya, jika hal tersebut dapat berjalan baik, maka tolok ukur zakat sebagai pengatur kesejahteraan bisa dijadikan pedoman standar. Dan di sinilah zakat berperan sebagai ibadah harta yang berdimensi sosial, dan memiliki posisi penting, strategis dan menentukan, baik dari sisi pelaksanaan ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat. 

"Masyarakat juga sangat berperan besar terhadap terciptanya berbagai program Baznas yang unggul dan produktif. Melalui dana zakat yang disalurkan, para mustahik akan semakin berdaya sehingga bisa keluar dari zona kemiskinan," jelasnya.

Editor : Candra Setia Budi

Bagikan Artikel: