Antisipasi Virus Corona, 3 Desa di OKI Lakukan Isolasi Mandiri

Antara ยท Jumat, 24 April 2020 - 20:37 WIB
Antisipasi Virus Corona, 3 Desa di OKI Lakukan Isolasi Mandiri
Ilustrasi lockdown atau karantina wilayah (Antara)

OKI, iNews.id - Tiga desa yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan isolasi mandiri setelah seorang warganya dinyatakan positif terjangkit virus corona. Ketiga desa itu yakni Desa Panca Tunggal Benawa, Desa Sinar Harapan Mulya dan Desa Bumi Harapan, Kecamatan Teluk Gelam.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir HM Djakfar Shodiq mengatakan, langkah perangkat desa ini mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten karena dinilai cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu.

“Kami mendukung isolasi mandiri ini, kebutuhan masyarakat akan diupayakan mendapatkan bantuan pemerintah,” kata Shodiq, Jumat (24/4/2020).

Lebih lanjut Shodiq mengatakan, langkah apresiasi yang dilakukan pemkab dengan membagikan 1.550 paket sembako telah diserahkan ke warga tak mampu di tiga desa tersebut.

Camat Teluk Gelam Saparudin mengatakan pemerintahan di tiga desa ini telah memberlakukan isolasi mandiri sejak tanggal 7 April lalu.

“Pihak desa melakukan isolasi setelah ada salah satu warga dinyatakan positif Covid-19, yang sekarang kondisinya sudah sembuh,” kata dia.

Relawan Desa Panca Tunggal Benawa, Yusuf mengatakan, warga di desanya sepakat untuk melakukan isolasi secara mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami menjaga pintu-pintu masuk desa, mendata lansia serta anak-anak dan menghimbau warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto