Gubernur Sumsel: Bila Sayang Keluarga Jangan Mudik Dulu

Antara ยท Kamis, 23 April 2020 - 15:22 WIB
Gubernur Sumsel: Bila Sayang Keluarga Jangan Mudik Dulu
Gubernur Sumsel Herman Deru saat cek bandara SMB ii Palembang (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengingatkan seluruh warga agar tidak mudik Lebaran 2020. Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran virua corona atau Covis-19.

"Memang sebelumnya kami hanya mengimbau masyarakat untuk tidak mudik tetapi berhubung penyebaran Covid-19 cukup banyak dari orang tanpa gejala (OTG) sehingga jangan pulang kampung terlebih dahulu," kata Herman di Palembang, Kamis (23/4/2020).

Herman menambahkan, mudik bisa dilakukan dengan pengecualian yakni dengan alasan mendesak tetapi harus mengikuti protokol kesehatan.

"Hal ini agar yang datang tidak disalahkan dan yang didatangi tidak khawatir," kata dia.

Saat ini, kata Herman, penyebaran Covid-19 dari OTG ini harus diwaspadai karena cenderung tidak terdeteksi karena meski mereka sehat tapi bisa berbahaya bagi orang di sekitarnya terutama pada mereka yang punya imunitas lemah.

"Jadi bila sayang dengan keluarga jangan mudik dulu. Kita lindungi keluarga, keluarga lindungi kita, kita lindungi semua," kata dia.

Untuk implementasi larangan mudik di lapangan, pemprov akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk pengelola jalan tol.

"Sehingga setiap pemudik yang akan melintas di jalan tol betul-betul diperiksa oleh petugas operator," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto