3,5 Tahun Lawan Kanker Otak, Drummer Rush Neil Peart Meninggal Dunia

Fajar Adityo Nugroho ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 23:00 WIB
3,5 Tahun Lawan Kanker Otak, Drummer Rush Neil Peart Meninggal Dunia
Neil Peart, drummer band legendari Rush meninggal dunia (Instagram)

LOS ANGELES, iNews.id - Neil Peart, drummer band legendari Rush meninggal dunia. Neil menghembuskan napas terakhir di usia 67 tahun. Perwakilan Peart, Elliot Mintz mengatakan, Neil meninggal karena penyakit kanker yang diidapnya. Dia meninggal di rumahnya di Santa Monica, Amerika Serikat.

"Neil telah lebih dari 45 tahun menjadi teman, saudara dan kawan terbaik bagi kami. Dia telah melunasi pertarungan yang luar biasa selama tiga setengah tahun terakhir karena kanker otak," ujar manajemen Rush melalui Twitter, Sabtu (11/1/2020).

Neil dinobatkan sebagai drummer terbaik sepanjang hidup dan kariernya. Dia pernah menjadi drummer termuda yang masuk dalam Modern Drummer Hall of Fame pada tahun 1983.

Tak hanya itu, namanya juga masuk dalam urutan empat dari daftar 100 drummer terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone. Namanya berada di belakang Ginger Baker, Keith Moon dan John Bonham.

Pria kelahiran di Ontario, Kanada ini turut membawa nama Rush bersinar dan mengantarkan dalam jajaran Rock and Roll Hall of Fame pada 2013.
Sejumlah musikus dan publik figur memberikan penghormatan terakhir kepada Neil Peart.

"Terima kasih telah menginspirasi saya dan untuk semua bantuan dan saran Anda di sepanjang jalan, terutama pada hari-hari awal ketika Anda meluangkan waktu untuk berbicara dengan seorang drummer muda Denmark tentang rekaman, peralatan dan kemungkinan yang ada di depan. Terima kasih atas apa yang kamu lakukan untuk drummer di seluruh dunia dengan hasratmu, pendekatanmu, prinsipmu, dan komitmen teguhmu pada drum! Rest in peace," tulis Lars Ulrich, drummer Metallica di Twitter.

"Sang master telah berpulang. Neil Peart RIP #RushForever," tulis aktor Jack Black.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto