2 Pilot Diskors usai Kedapatan Lakukan Hal Terlarang dalam Kokpit 

Rahman Asmardika · Senin, 29 Agustus 2022 - 17:41:00 WIB
2 Pilot Diskors usai Kedapatan Lakukan Hal Terlarang dalam Kokpit 
Dua pilot maskapai Air France berkelahi di dalam kokpit. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id - Pilot yang terlihat tenang dan fokus ternyata dapat melakukan hal tidak terduga. Tidak main-main, oknum pilot juga dapat berkelahi dalam kokpit bahkan beberapa saat setelah pesawat lepas landas. 

Akibat tindakan yang tidak dapat mengendalikan emosi itu, kedua pilot maskapai Air France diskors usai kedapatan berkelahi di dalam kokpit di tengah penerbangan menuju Paris, Prancis pada Juni. 

Insiden itu terungkap setelah Biro Penyelidikan dan Analisis untuk Keselamatan Penerbangan Sipil (BEA), badan investigasi udara Prancis, merilis laporan yang menyoroti masalah terdokumentasi di antara pilot Air France.

Insiden itu dikatakan terjadi beberapa saat setelah pesawat lepas landas dari Jenewa, Swiss, dengan staf penerbangan terpaksa turun tangan setelah kedua pilot dilaporkan saling mencengkeram kerah mereka. 

Meskipun penerbangan berlanjut tanpa masalah lebih lanjut setelah perkelahian itu, outlet Swiss La Tribune melaporkan bahwa satu anggota awak menghabiskan durasi penerbangan di dalam kokpit sebagai tindakan pencegahan.

BEA telah mengindikasikan bahwa mereka tidak diberitahu tentang insiden Juni karena tidak ada konsekuensi yang dilaporkan untuk penerbangan tersebut; Namun, kedua pilot saat ini sedang menunggu keputusan dari manajemen tentang masalah tersebut, demikian dilaporkan Sputnik.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: