100 Personel Brimob Polda Sumsel Dikirim ke Papua

Sindonews.com, Berli Zulkanedy ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 18:27 WIB
100 Personel Brimob Polda Sumsel Dikirim ke Papua
Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto. mengecek pasukan BKO ke Polda Papua di Makosat Brimob, Palembang (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) memberangkatkan 100 personel Brigade Mobile (Brimob) ke Papua. Nantinya, personel dari Kompi Brimob Kabupaten PALI ini akan melakukan pengamanan di Kabupaten Dunga, Papua.

Apel pemberangkatan dipimpin langsung Kapolda Sumsel lrjen Pol Priyo Widyanto di Mako Brimob Polda Sumsel di Palembang, Kamis (13/02/2020).

"Mereka berangkat dalam tugas operasi Aman Nusa 1 tahun 2020 di bawah komando operasi (BKO) Polda Papua di daerah Duma Kabupaten Dunga menggantikan Brimob dari Polda Maluku," kata Priyo kepada wartawan.

Priyo menambahkan, 100 personel Brimob ini bertugas untuk masa waktu enam bulan dan dapat diperpanjang.

"Bertugas sekitar enam bulan dan bisa diperpanjang tergantung situasi dan kondisi serta Mabes Polri sebagai koordinator," kata dia.

Sebelum bertugas di Papua, personel sudah melakukan pelatihan khusus. Ini dilakukan sebagai persiapan agar bisa bertahan di tempat tugas baru.

"Sebelum bertugas mereka telah melakukan latihan taktik dan tehnik di pelatihan Banyuasin," katanya.

Tak lupa, Priyo perintahkan anggotanya agar bertugas sesuai aturan dan prosedur tetap saat berada di Papua. Perintah ini diberikan karena Papua merupakan daerah rawan khususnya kelompok kriminal bersenjata (KKB).


Editor : Nur Ichsan Yuniarto