Ilustrasi informasi masa berlaku produk minuman yang tertera di kaleng kemasan. (Foto: Shutterstock)
Antara

PALEMBANG, iNews.id - Warga Sumatera Selatan (Sumsel) diimbau mewaspadai peredaran produk makanan dan minuman kedaluwarsa. Menjelang Idul Fitri aktivitas ekonomi meningkat sehingga dapat saja beredar produk yang habis masa berlaku.

"Menjelang Lebaran biasanya permintaan makanan dan minuman dalam kemasan mengalami peningkatan, kondisi ini perlu diwaspadai kemungkinan beredarnya produk kedaluwarsa yang seperti tahun-tahun sebelumnya banyak ditemukan di pasaran," kata Pembina YLK Sumsel Rizal Aprizal, Ahad, Minggu (17/4/2022).

Menurut dia kasus peredaran makanan dan minuman kedaluwarsa sering ditemukan di warung, toko, dan pasar swalayan. Melihat fakta tersebut masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan teliti agar tidak menjadi korban peredaran produk makanan dan minuman kedaluwarsa.

"Setiap kemasan plastik, kotak, botol, dan kaleng produk makanan atau minuman yang akan dibeli jangan langsung diambil atau dimasukkan ke dalam keranjang belanjaan, namun harus dicek terlebih dahulu masa kedaluwarsa, dan penjelasan mengenai izin beredar dari instansi kesehatan maupun perdagangan dalam kemasan produk tersebut," katanya.

Selain itu, masyarakat juga bisa melaporkannya kepada pihak kepolisian, instansi pemerintah terkait atau ke YLK Sumsel untuk dapat diambil tindakan penertiban serta langkah hukum yang diperlukan kepada penjual produk kedaluwarsa.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan pihaknya berupaya melakukan inspeksi mendadak secara rutin bersama tim BPOM untuk mencegah beredarnya produk makanan dan minuman kedaluwarsa serta mengandung bahan kimia berbahaya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT