Penkot Palembang segera menyalurkan BLT kompensasi kenaikan BBM. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Antara

PALEMBANG, INews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi penyesuaian harga BBM. BLT diberikan kepada berbagai profesi yang terdampak secara ekonomi di antaranya sopir angkutan umum, nelayan dan tukang ojek.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkot Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, penyaluran bantuan tersebut akan dilaksanakan pada akhir November 2022.

“Administrasinya sudah selesai tinggal pelaksanaan yang dimulai pada pekan keempat bulan November atau paling lambat awal Desember,” katanya, Rabu (16/11/2022).

Program BLT disalurkan dalam bentuk pemberian subsidi tagihan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), bantuan kepada ojek daring, dan padat karya. Selain itu, bantuan beras subsidi untuk masyarakat dan bantuan untuk pelaku UMKM. 

Sebelumnya, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, bantuan kompensasi penyesuaian harga BBM subsidi  bersumber dari dana transfer ke daerah berupa Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) dengan total senilai Rp9,8 miliar.

Target calon penerima bantuan kompensasi BBM subsidi menyasar ke berbagai profesi yang terdampak secara ekonomi.

Berdasarkan hasil koordinasi bersama seluruh organisasi perangkat daerah-BUMD Palembang disepakati mengalokasikan anggaran senilai Rp4,6 miliar untuk membuka lapangan pekerjaan bersifat padat karya kepada masyarakat yang tersebar di 107 kelurahan.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT