Kantor Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) di Kayuagung. (Foto: Istimewa)
berli

PALEMBANG, iNews.id - Kabupaten terluas di Sumatera Selatan yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Dengan wilayah mencapai 18.359,04 km2, luas wilayah Kabupaten OKI dua kali Provinsi Banten yang hanya 9.662,92 km2 atau lebih dari separuh wilayah Provinsi Jawa Barat. 

Mengutip data BPS, Kabupaten OKI memiliki penduduk 772.742 jiwa yang tersebar di 18 kecamatan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kayuagung. Kabupaten OKI dilintasi Jalintim dan Jalan Tol Tran Sumatera (JTSS) ruas Terbangi Besar - Kayuagung dan ruas Kayuagung - Palembang - Betung. 

Berikut fakta menarik Kabupaten OKI:

1. Penghasil Terasi

Kabupaten OKI memiliki sentra penghasil terasi tepatnya di Kecamatan Tulung Selapan. Terdapat beberapa desa terutama Desa Tulung Selapan dan Sungai Lumpur dan Desa Simpang Tiga Makmur yang sebagian warganya memproduksi dan menjual terasi. 

Dalam sepekan, satu pembuat terasi mampu memproduksi 50 hingga 100 kilogram terasi tergantung ketersediaan bahan baku dari para nelayan. Kecamatan Tulung Selapan berada di ujung pantai timur yang berdekatan dengan Selat Bangka. Karenanya ketika memasuki wilayah ini kehidupan khas pesisir sangat terasa. 

2. Miliki Pantai Berpasir Putih 

Tidak kalah dengan Lampung dan Bangka Belitung, Kabupaten OKI juga memiliki pantai yakni di Pulau Maspari. Maspari merupakan pulau terluar di Sumsel, OKI dengan luas sekitar 25 hektare. Pulau ini berada di Selat Bengka, namun masuk Kecanatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI. Pulau Maspari memiliki pantai pasir putih dan habitat penyu sisik. 

Pemprov Sumsel tengah fokus mengembangkan potensi wisata di Pulau Maspari. Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya bersama pejabat terkait beberapa kali telah mengunjungi Pulau Maspari. 

Pantai Pasir Putih di Pulau Maspari yang masih sangat alami. (Foto: Dede F)

3. Pabrik bubur kertas terbesar

Fakta menarik lainnya tentang Kabupaten terluas di Sumatera Selatan yakni terdapat pabrik bubur kertas terbesar dan terintegrasi. Dikutip dari sejumlah Sumber, pabrik tersebut dikelolah PT OKI Pulp and Paper Mils, perusahaan swasta nasional. 

Pabrik yang berada di Jalan Raya Riding ini memiliki kapasitas produksi pulp 2 juta ton dan tisu 500 ton per tahun. Sejumlah perusahaan hutan tanaman industri (HTI) juga berdiri di Kabupaten OKI untuk memasok bahan baku pabrik pulp dan tisu. 

4. Penghasil udang

Salah satu kecamatan di Kabupaten OKI adalah Sungai Menang, rumah para petani petambak udang. Tepatnya di Desa Bumi Pratama Madira, yang sebagian besar warganya petambak udang, sehingga desa tersebut dikenal sentra tambak udang.  

Sebelum 2017 terdapat perusahaan tambak udang besar beroperasi di wilayah ini, namun pailit sekitar tahun 2017. 

Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri panen udang di Sungai Menang, OKI. (Foto: Antara)

5. Miliki lahan gambut terluas

Fakta menarik lainnya dari Kabupaten terluas di Sumatera Selatan, OKI yakni memiliki lahan gambut terluas di Sumsel. Dikutip dari laman resmbi Pemkab OKI, ekosistem gambut di OKI mencapai 1,03 juta hektare atau setara 49,3 persen dari total ekosistem gambut Sumsel. 

Karenanya saat terjai kemarau panjang, OKI termasuk kabupaten rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

6. Penghasil sawit dan duku

Dengan wilayah luas dan sebagian berupa rawa dan gambut, menjadikan Kabupaten OKI tujuan investasi perusahaan perkebunan. Terdapat puluhan perusahaan sawit besar, HTI hingga karet. 

Kabupaten OKI juga termasuk wilayah komering yang dikenal sebagai penghasil duku komering (duku Palembang). Duku komering dikenal dengan rasanya yang manis, berkulit tipis, berbiji kecil dan dagingnya buahnya besar. Salah satu wilayah penghasil duku di OKI yakni Kecamatan SP Padang. 

Demikian fakta menarik tentang Kabupaten OKI, kabupaten terluas di Sumatera Selatan dengan luas wilayah lebih dari separuh Provinsi Jawa Barat. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT