Sebagian petani sudah mulai meninggal karet karena harganya tidak menarik. (Foto: Ilustrasi/Ist)

Kondisi ini membuat sejumlah banyak pabrik tidak mampu bertahan. Bahkan Gapkindo Sumsel mencatat terdapat dua pabrik berkapasitas 6.000 ton per bulan sudah gulung tikar. Padahal dua pabrik tersebut masing-masing memiliki tenaga kerja sekitar 200 orang.

"Sebagian perusahaan terpaksa memutar otak, mulai dari mengimpor pasokan bahan baku dari luar negeri, efisiensi pabrik, hingga mengurangi jadwal kerja karyawan," kata Alex.

Untuk impor bokar, kata Alex, negara tidak melarang perusahaan pemilik pabrik karet melakukannya asalkan ketika diekspor sudah dalam bentuk karet spesifikasi teknis (TSR). Dengan kondisi tersebut dinilai masih sulit untuk bertahan. 

"Bisa dikatakan untungnya sangat tipis sekali. Tapi ini menjadi pilihan pengusaha demi menghindari kerugian yang lebih besar yakni pinalti atas kontrak kerja dari pihak pembeli lantaran tak mampu memenuhi kewajiban," katanya.

Dijelaskan Alex, jika ini terjadi maka dipastikan buyer (pembeli) akan berpindah ke perusahaan lain, yang mungkin ada di negara lain karena saat ini bukan Indonesia saja yang mengandalkan komoditas karet.


Editor : Berli Zulkanedi

Halaman Selanjutnya
Halaman :
1 2 3
BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network