Ketua DPRD Sumatera Selatan RA Anita Noeringhati. (Foto: Ist)
Antara

PALEMBANG, iNews.id - Perjuangan Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) mendapatkan dukungan dari DPRD Sumsel. Para pimpinan dan anggota DPRD Sumsel mendukung perjuangan warga Kecamatan Gelumbang dan lima kecamatan lainnya memisahkan dari Kabupaten Muara Enim

"Kami mendukung perjuangan Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG), semangat yang berkobar  dalam beberapa tahun terakhir jangan sampai kendur," kata Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati usai menerima audiensi PPKG di Palembang, Senin (13/6/2022).

Menurut dia, jika  melihat dan mendengar serta menampung aspirasi masyarakat terkait rencana pemekaran Kabupaten Gelumbang yang telah lama bergulir, secara administrasi dan geografis calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Gelumbang layak diproses.

Untuk menindaklanjuti percepatan pemekaran Gelumbang, pihaknya meminta pengurus PPKG untuk tetap semangat melakukan berbagai persiapan pemekaran wilayah itu.

Komisi I DPRD Sumsel yang membidangi pemekaran wilayah siap membantu terwujudnya pemekaran Kabupaten Gelumbang serta meminta pihak Pemkab Muara Enim dan Pemprov setempat proaktif memberikan dukungan secara optimal.

"Kami akan mengawal perjuangan pembentukan Kabupaten Gelumbang hingga ke pusat untuk membuka kran moratorium pemekaran daerah otonom baru," ujar politisi Golkar.

Sementara Ketua PPKG Rani Kodim mengatakan pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi jajaran dewan provinsi setempat yang mendukung pemekaran Kabupaten Gelumbang.

“Dengan dukungan DPRD Sumsel dan berbagai pihak, kami akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat enam kecamatan yakni Kecamatan Gelumbang, Lembak, Kelekar, Sungai Rotan, Muara Belida dan Kecamatan Belida Darat mewujudkan Kabupaten Gelumbang," ujarnya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT