Dua pria pencuri ikan babak belur dihajar warga sebelum ditangkap polisi. (Foto: M David)
Muhammad David

PALEMBANG, iNews.id - Personel Unit Ranmor Satreskrim Polrestabes Palembang menangkap dua pelaku pencurian ikan di pasar tradisional. Sebelum ditangkap polisi, keduanya babak belur dihajar pedagang dan warga yang resah dengan aksi keduanya. 

Selain menangkap keduanya, Rudi dan Indra Boya, warga Ilir Barat II Palembang, polisi juga mengamankan barang bukti ikan tenggiri yang dicuri keduanya. "Keduanya mencuri ikan tenggiri sebanyak 20 kilogram. Sudah diamankan sebagai barang bukti," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi, Selasa (15/6/2021). 

Hasil pemeriksaan sementara, kedua pelaku telah lebih dari satu kali mencuri ikan di pasar yang kemudian dijual kepada siapa pun yang mau membelinya. Namun kali ini, keduanya apes, ketika hendak mengangkat satu keranjang ikan langsung diteriaki oleh warga. "Anggota yang patroli melihat ada keramaian dan penangkapan pelaku pencurian, kemudian keduanya ditangkap dengan bantuan dari warga," kata Kasat. 

Modus kejahatan kedua pelaku yakni dengan cara melihat - lihat sambil memantau situasi sekitar pasar. Setelah mendapatkan kesempatan dan pemilik ikan sedang tidak berada di tempat, kedua pelaku langsung mendekat dan mengambil ikan. "Saat hendak mengangkat itu, dilihat warga kenapa datang - datang langsung mengambil ikan. Ini sudah dua kali keduanya mencuri ikan untuk dijual dengan harga bervariasi," katanya. 

Atas perbuatannya merugikan pedagang ikan, kedua pelaku dijerat Pasar 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun kurungan penjara. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT