Dinas Kesehatan Sumsel genjot vaksinasi lansia. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Antara

PALEMBANG, iNews.id - Capaian vaksinasi dosis pertama kepada masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) di Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai 68 persen lebih dari target 597.071 jiwa. Sedangkan capaian vaksinasi lansia untuk dosis kedua hingga Maret 2022 di atas 48 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuaraini mengatakan, capaian vaksinasi lansia masih rendah dibandingkan vaksinasi untuk umum yang kini telah mencapai di atas 92 persen. Pihaknya bersama jajaran dinas kesehatan kabupaten dan kota menggalakkan vaksinasi bagi lansia untuk mengantisipasi lonjakan kasus penularan Covid-19

"Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 perlu dilakukan perlindungan maskimal kepada masyarakat dengan vaksinasi terutama kepada para lansia yang rentan tertular atau menularkan virus Corona," ujarnya, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, orang tua lanjut usia meskipun mobilitas rendah berpotensi tertular oleh anak dan anggota keluarganya yang aktif bekerja, sekolah, dan melakukan berbagai kegiatan di luar rumah lainnya.

Bagi masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang tergolong lansia untuk membawanya mengikuti pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan dan sentra pelayanan vaksinasi massal yang diselenggarakan jajaran Dinas Kesehatan, TNI, Polri dan instansi lainnya.

Untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada lansia dan seluruh kelompok sasaran lainnya di wilayah Sumsel dengan target 6,3 juta jiwa pada 202 ini, pihaknya menyiapkan 3.300 vaksinator. "Dengan memaksimalkan vaksinasi tersebut diharapkan dapat tercipta kekebalan komunal (herd immunity) sesuai dengan harapan bersama," katanya. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT