Tunggu Izin Litbangkes, BTKL Palembang Segera Periksa Sampel Swab Covid-19

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 11:26 WIB
Tunggu Izin Litbangkes, BTKL Palembang Segera Periksa Sampel Swab Covid-19
Petugas laboratorium sedang cek spesimen virus corona (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan mendapat bala bantuan untuk memeriksa sampel tes swab Covid-19. Rencananya, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas I Palembang akan melakukan uji sampel swab mulai Agustus 2020.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan, BTLK PP Palembang sedang menjalani pra uji swab sambil menunggu izin Litbangkes Jakarta untuk legalisasi hasil pemeriksaan. Nantinya BTLK PP akan membantu jaringan laboratorium di Sumsel dalam memeriksa sampel swab para suspek dan pasien Covid-19 di Sumsel terus bertambah.

"Alat dan sumber daya manusianya sudah siap, untuk reagen juga rencananya kami bantu suplai, ya mudah-mudahan awal Agustus sudah terima SK nya dan bisa running," kata Yusri, Rabu (29/7/2020).

Yusri melanjutkan, BTKL PP Palembang akan memiliki kapasitas pemeriksaan swab 80 - 100 sampel dengan metode PCR. Ini cukup untuk membantu dua jaringan laboratorium nasional lainnya di Sumsel, yakni RSUP Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

"Izin dari Litbangkes Jakarta amat penting untuk menjamin legalitas hasil pemeriksaan karena pemeriksaan di luar jaringan laboratorium nasional tidak akan dimasukkan ke database Dinkes Sumsel meskipun secara kemampuan akurat memeriksa swab," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto