Tol Kapal Betung Ruas Banyuasin Sepanjang 69,19 Km Segera Dibangun

Antara ยท Kamis, 01 Oktober 2020 - 19:00:00 WIB
Tol Kapal Betung Ruas Banyuasin Sepanjang 69,19 Km Segera Dibangun
Foto udara aerial pembangunan simpang susun antara jalan tol Sumatera ruas Kapal Betung dan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) di Desa Ibul Besar I, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumsel, Kamis (18/10/2018). (Foto: Antara)

PANGKALAN BALAI, iNews.id - Kelanjutan pembangunan Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) memasuki masa persiapan groundbreaking untuk menandai dimulainya pekerjaan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Saat ini pekerjaan tol menyisakan Seksi 2B dan Seksi 3 yang keduanya berada di wilayah Banyuasin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan, acara groundbreaking ini sebagai pertanda pembangunan Tol Kapal Betung berlanjut ke Seksi 2B dan Seksi 3. Panjang ruas tol mencapai 69,19 kilometer (km).

Dia mengatakan, acara groundbreaking ini akan dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dalam groundbreaking nantinya sekaligus dilakukan video conference dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami sedang melakukan persiapan. Kemarin (30/9/2020) dilakukan rapat di lokasi pembangunan jalan tol di Desa Mainan, Kecamatan Sembawa,” kata Erwin di Pangkalan Balai, Kamis (1/10/2020)nya.

Sejauh ini, berdasarkan data terbaru dari kontraktor pembangunan jalan tol tersebut PT Waskita Sriwijaya Tol diketahui pembangunan Jalan Tol Kapal Betung terus berlanjut walau di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, untuk Seksi 1 (Kayu agung- Jakabaring) dengan panjang 33,5 km telah beroperasi penuh 1 April 2020 lalu. Begitu pula untuk Seksi II (Jakabaring-Keramasan-Musilandas) yang panjangnya mencapai 33,9 km.

Untuk, Seksi 2A (Jakabaring-Keramasan) dengan panjang 9 km sedang dalam penyelesaian akhir konstruksi untuk segera beroperasi dalam waktu dekat. Seksi 2B (Keramasan-Musi Landas) sepanjang 24,5 km saat ini masih berstatus penerusan konstruksi, begitu juga dengan Seksi III (Musi Landas-Betung) sepanjang 44,39 km.

“Seksi 2B dan Seksi III ini ditargetkan dapat beroperasi pada Maret 2022,” katanya.

Dia mengatakan, bagi warga Banyuasin, akses Tol Kapal Betung ini akan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian rakyat. Warga Banyuasin berharap nantinya di Rest Area Tol Kapal Betung dapat dimanfaatkan untuk tempat menjual produk khas daerah.

“Kelanjutan pembangunan jalan tol ini merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah. Jika arus transportasi lancar dan terhubung dengan baik, maka dipastikan ekonomi akan tumbuh,” katanya.

Pembangunan ruas jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung dibangun dengan total investasi sebesar Rp22,17 triliun yang masuk dalam bagian Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

Editor : Maria Christina