Teror Harimau, Gubernur Sumsel Lapor ke Menteri LHK

Okezone, Melly Puspita ยท Senin, 30 Desember 2019 - 12:42 WIB
Teror Harimau, Gubernur Sumsel Lapor ke Menteri LHK
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (iNews/Bambang Irawan)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) fokus menangani laporan warga di beberapa wilayah yang diduga diserang oleh harimau. Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, dirinya sudah melaporkan insiden penyerangan ini ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

"Masalah ini sudah saya sampaikan kepada Menteri," kata Herman Deru kepada wartawan.

Tak hanya itu, Pemprov Sumsel juga membentuk Satuan dan Tugas Khusus yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Lahat Kementerian LHK, Dishut Provinsi Sumsel (UPTD KPH Semendo)  dan berkoordinasi dengan Camat Semende Darat Laut, Kades Muara Dua dan masyarakat untuk mengantisipasi serangan harimau tersebut.

Serangan harimau ini terjadi di Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat dan Muara Enim. Terkahir, ada warga Muara Enim bernama Sulis tewas dengan kondisi mengenaskan. Tubuhnya sudah tidak utuh dan terdapat luka cabik di jenazahnya.

Saat ini Satgas memasang 8 unit camera trap dan satu unit box trap di beberapa titik yang menurut laporan sering terlihatnya harimau tersebut.

"Ada 8 camera trap yang kita pasang dan 1 unit box trap di Semendo. Kamera ini untuk melihat pergerakan harimau," ujar Kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Panji Tjajanto.

"Itu sesuai intruksi pak Gubernur. Tim Satgas juga terus berkoordinasi dengan masyarakat. Saat ini, antisipasi dan penanganan dilakukan titik-titik yang menjadi prioritas," tuturnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto