Terkendala Pembebasan Lahan, Pembangunan Fisik Jalan Tol Palembang-Bengkulu Mundur

Antara ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 11:28 WIB
Terkendala Pembebasan Lahan, Pembangunan Fisik Jalan Tol Palembang-Bengkulu Mundur
Jalan Tol (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pengerjaan fisik pembangunan jalan tol Palembang-Bengkulu akan dimulai awal April 2020. Proyek jalan tol sepanjang 329 kilometer itu akan digarap PT Hutama Karya.

Manajer Proyek PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo mengatakan, saat ini masih dilakukan pembebasan lahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sejak Agustus 2019.

"Alat-alat berat kami sudah siap di lokasi. Kami juga sudah memproduksi beton dan tiang, dan melakukan pembersihan lahan," kata Hasan, Selasa (25/3/2020).

Hasan menambahkan, ruas tol Palembang-Bengkulu sepanjang 329 kilometer ini terdiri atas tiga ruas tol. Ruas tol Indralaya-Muara Enim sepanjang 119 kilometer kemudian ruas tol Muara Enim-Lubuklinggau sepanjang 112 kilometer, dan ruas tol Lubuklinggau-Bengkulu 98 kilometer.

"Jika sudah ada tol, sepanjang 329 kilometer ini bisa ditempuh dengan waktu 3 jam," kata dia.

Hasan mengatakan, perencanaan pembangunan ini tak semulus dari yang dibayangkan. Pasalnya, pembangunan ruas tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km telah molor dari target.

"Hingga kini belum tersedia lahannya," kata dia.

Semula pekerjaan fisik proyek ini ditargetkan mulai dikerjakan pada awal 2020, namun hingga kini pembebasan lahan belum berjalan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto