Sumsel Mulai Buka Lokasi Wisata, Gugus Tugas: Protokol Kesehatan Harus Ketat

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 09:57 WIB
Sumsel Mulai Buka Lokasi Wisata, Gugus Tugas: Protokol Kesehatan Harus Ketat
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan (Sumsel) mengingatkan protokol kesehatan di lokasi wisata harus ketat. Pasalnya, penyebaran virus corona di Sumsel masih tinggi

Juru Bicara Gugus Tugas Sumsel Yusri mengatakan, dibukanya kembali sektor wisata seiring penerapan normal baru perlu tetap diwaspadai sebagai potensi timbulnya kasus baru.

"Silakan berwisata, tetapi jangan terlalu menumpuk pada satu lokasi, upayakan tetap menggunakan masker dan membawa makanan sendiri untuk mengurangi kontak," kata Yusri, Jumat (26/5/2020).

Yusri menambahkan, pengelola wisata wajib menyediakan fasilitas cuci tangan dan mengukur suhu tubuh pengunjung yang masuk.

“Pengelola wisata dapat tegas kepada pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan agar tidak diizinkan masuk,” kata dia.

Untuk diketahui, terdapat dua objek wisata besar di Sumsel yang dibuka kembali, yakni Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Gunung Dempo di Kota Pagaralam, dua wilayah itu saat ini berstatus zona hijau Covid-19.

Namun kewaspadaan tetap diperlukan mengingat kasus positif Covid-19 di Sumsel terus bertambah setiap hari.

“Tidak hanya dari wilayah zona kuning dan merah, melainkan juga dari wilayah yang sempat menjadi zona hijau atau 0 kasus,” katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto