Siaga Darurat Corona, Seluruh ASN dan PNS Pemprov Sumsel Bekerja dari Rumah

Antara ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 12:36 WIB
Siaga Darurat Corona, Seluruh ASN dan PNS Pemprov Sumsel Bekerja dari Rumah
Jajaram PNS dan ASN Sumatera Selatan (Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan sesuai perintah Gubernur Sumsel Herman Deru untuk antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Perintah itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Sumsel dan SE Menteri PANRB nomor 19 tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang penyesuaian sistem kerja PNS sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus corona.z

"Surat edaran tersebut sebagai bentuk pencegahan dan mengurangi risiko COVID-19 di lingkungan Pemprov Sumsel. ASN dan PNS akan bekerja dari rumah, berlaku mulai 26 Maret hingga 8 April 2020," kata Herman, Rabu (25/3/2020).

Herman juga meminta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah mengatur sistem bekerja dari rumah agar tidak mengurangi kinerja dalam pelayanan publik.

Memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam SE tersebut seperti jenis pekerjaan yang dilaksanakan pegawai, peta sebaran Covud-19 yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Tak hanya itu, kata Herman, ASN yang melaksanakan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah tetap diberikan Tunjangan Perbaikan Penghasilan sesuai ketentuan berlaku.

Tak hanya mengatur soal sistem kerja kedinasan, surat edaran itu juga mengatur soal penyelenggaraan kegiatan dan perjalanan dinas. Seperti untuk penyelenggaraan tatap muka yang menghadirkan banyak peserta agar ditunda atau dibatalkan.

"Begitu juga penyelenggaraan rapat agar dilakukan sangat selektif sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi atau melalui media elektronik yang tersedia," kata dia.

Lebih lanjut Herman mengatakan, kegiatan apel termasuk gabungan, dan senam pagi atau senam bersama pada hari Jumat ditiadakan. Perjalanan dinas dalam negeri agar dapat dilakukan dengan selektif dan sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus dilaksanakan.

“Melakukan penundaan perjalanan dinas ke luar negeri. Dan untuk ASN yang telah melakukan perjalanan ke negara yang terjangkit Covid-19 atau yang pernah berinteraksi dengan penderita agar segera menghubungi Sumatera Selatan Tanggap Covud-19 melalui nomor telepon 081365043311 dan beberapa nomor lainnya,” katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto