Setop Bayar BPJS, Pemkab Lahat Alihkan Iuran untuk Program Berobat Gratis

Antara ยท Senin, 13 Januari 2020 - 12:46 WIB
Setop Bayar BPJS, Pemkab Lahat Alihkan Iuran untuk Program Berobat Gratis
Ilustrasi BPJS Kesehatan (Antara)

LAHAT, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan menghentikan alokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bagi warga tak mampu. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan adanya kenaikan iuran BPJS pada 2020.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Ponco mengatakan, pemkab telah memutuskan akan mengalihkan jaminan kesehatan nasional (JKN) ke program berobat gratis milik pemerintah daerah yakni jaminan kesehatan daerah (jamkesda).

"Kami beralih penyertaan BPJS Kesehatan karena iuran naik. Jadi dana APBD telah kita alihkan untuk berobat gratis, masyarakat cukup membawa KK dan KTP," kata Ponco kepada wartawan di Kabupaten Lahat, Senin (13/1/2020).

Saat ini, kata Ponco, terdapat sekitar 168.000 warga Lahat yang menjadi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan dari Pemkab Lahat.

"Dana pasti membengkak karena ada kenaikan BPJS Kesehatan. Di mana dari Rp23 ribu per jiwa per bulan sekarang menjadi Rp42 ribu," imbuhnya.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan: Kalau Tidak Mampu Bayar Rp42.000, Silakan Urus Keterangan Miskin

Pada tahun 2019, APBD membiayai masyarakat yang belum tertanggung jaminan kesehatannya. Jumlah 168.000 peserta ternyata naik sekitar 200.000 jiwa. Padahal total warga Lahat sekitar 430.000 jiwa.

"Dengan kenaikan itu rupanya biayanya bengkak, jadi kami harus siapkan sekitar Rp104 miliar kalau tetap pakai kenaikan itu. Sehingga kami tidak ikut kenaikan dan pakai KK dan KTP dengan sistem klaim dari rumah sakit atau puskesmas," kata dia.

Kebijakan itu, tutur Ponco, sudah berlaku sejak 1 Januari 2020. Warga Lahat sudah bisa berobat gratis di sejumlah rumah sakit yang ada di Sumsel dan telah bekerja sama dengan Pemkab Lahat.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto