Sepanjang 2019, Polda Sumsel Tangkap 2.000 Tersangka Kasus Narkoba

Antara ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 21:45:00 WIB
Sepanjang 2019, Polda Sumsel Tangkap 2.000 Tersangka Kasus Narkoba
Jajaran Polda Sumsel musnahkan narkoba jenis sabu dan ekstasi (Foto: iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Sepanjang tahun 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan menangkap 2.000 tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Ribuan tersangka itu ditangkap dari pengungkapan di 16 Kabupaten/Kota wilayah hukum Polda Sumsel.

"Selain tersangka, ada barang bukti narkoba jenis ganja seberat 2,2 ton yang diamankan, sabu-sabu 96 kilogram, pil ekstasi 49 ribu butir lebih," kata Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan ketika memberikan keterangan pers kinerja jajarannya sepanjang tahun 2019, di Mapolda Sumsel, Palembang, Selasa (31/12/2019).

Rudi menambahkan, berkaca pada tingginya kasus narkoba di wilayah hukum Polda Sumsel, pihaknya berupaya meningkatkan kegiatan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada tahun 2020.

Tak hanya itu, dirinya juga berupaya meningkatkan partisipasi atau ketertlibatan masyarakat dalam melakukan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Nantinya, di tahun 2020, lanjut Rudi, pihaknya akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba terutama generasi muda penerus bangsa.

"Pelaku pengedar dan pemakai narkoba berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat, untuk membatasi ruang gerak mereka dibutuhkan dukungan masyarakat karena tidak mungkin bisa terpantau semuanya oleh aparat kepolisian yang jumlahnya terbatas," tuturnya.

Lebih lanjut Rudi menuturkan, penanganan masalah narkoba adalah tanggung jawab bersama, jika masyarakat mengetahui ada aktivitas peredaran dan pemakaian narkoba, diminta untuk menginformasikan kepada aparat kepolisian terdekat.

"Siapapun yang terbukti mengedarkan, menyimpan, dan mengonsumsi narkoba akan dikenakan tindakan hukum secara tegas," tegasnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto