Sempat Diteror Harimau, Kawasan Pendakian Gunung Dempo Kembali Dibuka

Melly Puspita ยท Senin, 09 Maret 2020 - 16:35 WIB
Sempat Diteror Harimau, Kawasan Pendakian Gunung Dempo Kembali Dibuka
Tim BKSDA dibantu warga menelusuri jejak harimau di lokasi wisata Gunung Dempo. (Foto: iNews/Yuddy Faifman).

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) membuka kembali kawasan pendakian Gunung Dempo. Kawasan pendakian ini sebelumnya ditutup sementara karena sempat dihuni harimau.

"Pendakian menuju puncak Gunung Dempo kembali dibuka, pasalnya harimau yang sempat menghebohkan warga sudah berhasil ditangkap dan dikarantina di Lampung," Kata Walikota Pagaralam, Alpin Maskoni, Senin (9/3/2020).

Alpin juga menginstruksikan jajaran agar jalur pendakian dikonsentrasikan hanya melalui jalur Kampung Tangsi IV. Dia juga tidak merekomendasikan pendakian Gunung Dempo melalui jalur lain.

"Pendakian hanya melalui satu pintu masuk yaitu spot awal pendakian di Kampung IV. Tidak dari titik lain termasuk Tugu Rimau," kata dia.

Dia mengimbau agar setiap pendaki harus melapor sebelum melakukan pendakian.

"Setiap pendakian juga harus lapor perihal identitas yang jelas dan benar dengan menunjukan KTP," katanya.

Seperti diketahui, beberapa orang tewas akibat diserang harimau. Harimau yang habitatnya terganggu akhirnya lari ke perkebunan. Selain itu, satu orang tewas saat sedang mandi.

Selain itu, satu wisawatan di gunung Dempo menjadi korban cakaran Harimau di dekat tugu Rimau Gunung Dempo.

Setelah meneror selama tiga bulan, satu Harimau jantan berhasil dievakuasi oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan. Harimau itu kemudian dibawa ke pusat konservasi di Lampung.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto