Selang 3 Hari, Pekerja Turbin di OKU Selatan Tewas Tertimpa Longsor

Antara ยท Sabtu, 16 Mei 2020 - 09:16 WIB
Selang 3 Hari, Pekerja Turbin di OKU Selatan Tewas Tertimpa Longsor
Longsor di OKU Selatan menewaskan satu orang teknisi turbin. (Foto: Antara).

OKU SELATAN, iNews.id - Tanah Longsor terjadi di Desa Gunung Gara, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (15/5/2020) pagi. Seorang pekerja teknisi turbin ditemukan tewas dalam bencana ini, sedangkan empat orang luka-luka.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori mengatakan, longsor terjadi pada Jumat sekitar pukul 07.00 WIB diduga karena tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir.

Ansori menceritakan, kejadian tersebut berawal dari upaya lima orang warga memperbaiki turbin pembangkit listrik yang rusak akibat hujan. Ketika itu, tanah di dekat mereka amblas dan menimpa para pekerja tersebut.

"Warga yang meninggal dunia atas nama Warsidani (45). Dia tidak dapat menghindari tanah longsor. Sedangkan keempat temannya berhasil selamat," kata Anshori saat dikonfirmasi, Jumat (15/5/2020) malam.

Proses pencarian Warsidani membutuhkan waktu hingga enam jam, karena petugas dibantu masyarakat hanya menggunakan alat seadanya. Jasad korban ditemukan sekitar pukul 14.00 WIB dengan kondisi penuh luka.

Longsor ini merupakna insiden kedua di wilayah Kabupaten OKU Selatan. Sebelumnya, seorang dilaporkan tewas setelah material tanah longsor hingga membuatnya jatuh ke dalam jurang sedalam 20 meter.

BPBD Sumsel sendiri mencatat telah terjadi belasan titik tanah longsor di beberapa desa di OKU Selatan sejak sepekan terakhir akibat intensitas hujan lebat yang merata. Kondisi ini juga membuat banjir di empat kecamatan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal