Selamatkan UMKM, Pemkab OKI Salurkan Bantuan Modal ke 17.253 Pengusaha Mikro

Antara ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 12:20:00 WIB
Selamatkan UMKM, Pemkab OKI Salurkan Bantuan Modal ke 17.253 Pengusaha Mikro
Ilustrasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Antara)

KAYUAGUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) menyalurkan bantuan modal kerja kepada 17.253 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Masing-masing unit usaha akan mendapatkan bantuan senilai Rp600.000.

Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar mengatakan, bantuan modal ini merupakan kepedulian pemerintah terhadap UMKM yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 yakni program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUN).

“Program bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk menyelamatkan UMKM,” kata Iskandar, Minggu (23/8/2020).

Iskandar menambahkan, bantuan yang disalurkan pemerintah ini diharapkan dapat menggeliatkan kembali perekonomian sektor UMKM di daerah.

"Sektor UMKM ini menjadi perhatian utama pemerintah karena dianggap sebagai kunci pemulihan ekonomi karena dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Iskandar, di samping menyalurkan bantuan tunai langsung, pemda mengingatkan pemerintahan di tingkat desa untuk mengoptimalkan BUMDes agar turut mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Nantinya, bantuan ini akan disalurkan melalui rekening pelaku UMKM bekerja sama dengan BRI secara bertahap. Sejauh ini, sebanyak 17.523 pelaku UMKM di OKI tervalidasi menerima program BPUN.

Validasi data penerima bantuan dilakukan sejak beberapa pekan terakhir. Data diperoleh dari usulan kades/lurah serta diketahui camat.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto