Satgas Covid Sumsel: Percuma Kalau Mulut Saja yang Pakai Masker

Antara ยท Senin, 11 Mei 2020 - 13:38 WIB
Satgas Covid Sumsel: Percuma Kalau Mulut Saja yang Pakai Masker
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyesalkan masih banyak masyarakat di Sumsel yang tidak mau mengenakan masker saat keluar rumah. Padahal, menggunakan masker menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Masih sering dijumpai, terutama di lingkungan pasar, warga yang tidak menggunakan masker baik itu penjual maupun pembeli," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumsel, Yusri, Senin (11/5/2020).

Yusri juga mengingatkan agar masyarakat menggunakan masker dengan cara yang benar. Pasalnya masih dijumpai warga membawa masker tapi tidak menggunakannya.

“Bahkan ada yang memakai masker hanya mulutnya saja yang ditutup tidak sekalian hidungnya,” kata dia.

Sebenarnya, lanjut dia, pintu masuk virus itu melalui hidung. Virus masuk lewat mulut dengan perantara makanan yang tercemar terkontaminasi lewat tangan sendiri, sehingga harus rutin cuci tangan.

“Jadi, ketika memakai masker, yang paling penting itu adalah hidung, kalau hanya mulut, percuma saja karena penularan virus tersebut melalui saluran pernapasan sedangkan saluran pernapasan utama adalah hidung,” katanya.

Lebih lanjut Yusri mengatakan, keluar rumah itu tidak ada syarat lain kecuali memakai masker dengan benar.

“Penggunaan masker ini harus dibiasakan, memang pada awalnya tidak nyaman tapi inilah carah paling pertama mencegah penularan dari virus corona,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto