Jejak YouTuber Ferdian Paleka Sempat Kabur ke Palembang dan Ogan Ilir Sumsel

Sindonews.com, iNews.id ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 14:14 WIB
Jejak YouTuber Ferdian Paleka Sempat Kabur ke Palembang dan Ogan Ilir Sumsel
Youtuber Ferdian Paleka yang membuat video prank sembako sampah ke waria ditangkap Polda Jabar. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - YouTuber Ferdian Paleka sempat melarikan diri ke Kota Palembang dan Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel). Pelarian Ferdian pun berakhir setelah ditangkap polisi Tol Jakarta-Merak Jumat (8/5/2020) dini hari.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Kombes Pol Hendra Suhartiono mengatakan, Ferdian sempat ke Kabupaten Ogan Ilir kemudian menginap di Palembang.

“Di Ogan Ilir, dia bersembunyi di rumah salah satu temannya. Hanya beberapa hari di Palembang, Ferdian memutuskan untuk kembali ke Bandung," kata Hendra, Jumat (8/5/2020).

Hendra menambahkan, selama pelarian, Ferdian kerap ganti nomor ponsel untuk menghilangkan jejak. Meski begitu, Ferdian dan Aidil berhasil ditangkap di Jalan Tol Jakarta-Merak seusai keluar dari Pelabuhan Nerak.

"Tim gabungan menangkap Ferdian, Aidil, dan uwak atau pamannya Jamaludin," kata dia.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol S Erlangga mengatakan, Ferdian ditangkap saat pulang ke Bandung.

"Jadi dia abis melarikan diri dari Palembang kemudian mau balik lagi ke Bandung," kata Erlangga.

Dalam kasus prank sembako berisi sampah dan batu ini, polisi sudah menangkap tiga pelaku. Mereka adalah Ferdian, Aidil dan Jamaludin yang merupakan pamannya.

Atas perbuatannya, polisi menjerat Ferdian dengan Pasal 45 Ayat 3, Pasal 36 dan Pasal 51 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Editor : Nur Ichsan Yuniarto