RSUD Sekayu Muba Sukses Operasi 2 Pasien Jantung Bocor

Edi Lestari ยท Senin, 07 September 2020 - 12:59:00 WIB
RSUD Sekayu Muba Sukses Operasi 2 Pasien Jantung Bocor
Dokter di RSUD Sekayu Musi Banyuasin melakukan operasi jantung (Edi Lestari/iNews)

MUBA, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) sukses melakukan operasi jantung terhadap dua pasien. Pasien perama yakni Monica (8) yang mengalami jantung bocor serta Ema Humairoh (22) yang mengalami kelainan katup jantung.

Keduanya menjalani operasi yang dipimpin dr Bermansyah. Operasi ini dilakukan sesuai dengan prosedur standar operasi jantung. Ini merupakan operasi pertama di Indonesia untuk tingkat kabupaten

"Dua pasien menjalani operasi penggantian katup jantung dan operasi kelainan bocor jantung berhasil dioperasi oleh tim dr Bermansyah," kata Direktur RSUD Sekayu, Makson Parulin Purba, Senin (7/9/2020).

Makson menambahkan, operasi dilakukan dengan peralatan kesehatan lengkap yang didatangkan dari luar kabupaten. Sehingga operasi jantung terbuka dan operasi kelainan bocor jantung dapat dikerjakan dalam waktu lebih kurang enam jam.

Pasien penyakit jantung di RSUD Sekayu Musi Banyuasin (Edi Lestari/iNews)
Pasien penyakit jantung di RSUD Sekayu Musi Banyuasin (Edi Lestari/iNews)

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan, operasi terhadap dua pasien jantung itu dibiayai oleh Pemerintah Muba. Hal ini merupakan langkah nyata pemkab merespon keluhan masyarakat.

"Dua pasien tersebut mendapat bantuan pengobatan secara gratis dari pemerintah, ini untuk meringankan beban keluarga pasien," kata Dodi Reza.

Upaya peningkatan pelayanan RSUD Sekayu di tengah Pandemi Covid-19 ini membuahkan penghargaan untuk Dodi Reza. Dia menerima penghargaan kepala daerah inovatif dalam kategori kesehatan.

"Ini komitmen yang kuat dalam mengembangkan serta menerapkan inovasi pelayanan publik khusus di sektor bidang kesehatan di wilayah Muba," katanya.

Makson juga berharap RSUD Sekayu dapat terus meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat Muba agar menjadi kabupaten yang sehat dan sejahtera.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto