Ratusan Titik Api Terpantau, BRIN Semai Garam di Langit Sumsel

Antara · Rabu, 25 Mei 2022 - 07:17:00 WIB
Ratusan Titik Api Terpantau, BRIN Semai Garam di Langit Sumsel
Penyemaian garam di langit Sumsel mulai dilakukan untuk membasahi lahan gambut yang mudah terbakar. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mulai melakukan program Teknologi Modifikasi Cuara (TMC) dengan menyemai sebanyak 800 kilogram garam di udara wilayah Provinsi Sumsel dan Jambi. Penyemaian untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), karena titik api pada Mei 2022 terpantau meningkat. 

Koordinator Lapangan TMC BRIN wilayah Sumsel-Jambi Tukiyat, mengatakan program TMC ini berlangsung hingga 15 hari ke depan sebagai upaya karhutla. Ia menjelaskan, garam diangkut menggunakan pesawat Cassa bekerja sama dengan TNI AU, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk disemaikan ke udara dalam TMC pencegahan karhutlah 2022 ini.

"Sebelum penyemaian, petugas tim TMC terlebih dahulu memonitor kondisi cuaca bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengamati potensi keberadaan awan hujan atau cumulonimbus. Pada prosesnya garam disemaikan ke awan hujan di ketinggian sekitar 13.000 kaki di udara," ujarnya di Palembang, Selasa (24/5/2022).

Dari penyemaian itu diharapkan awan hujan dapat semakin menggumpal dan membesar yang bergabung dengan awan lain hingga menurunkan hujan yang membasahi lahan-lahan gambut dan hutan. “Berdasarkan hasil survei sejak 10 tahun terakhir program TMC ini mampu menambah intensitas hujan sekitar 15 hingga 35 persen dari normal,” katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: