Ratusan Hotspot Terdeteksi, Walhi Sumsel: Satgas Karhutla Harus Antisipasi

Antara · Senin, 31 Mei 2021 - 11:18:00 WIB
Ratusan Hotspot Terdeteksi, Walhi Sumsel: Satgas Karhutla Harus Antisipasi
Ratusan titik panas terpantau di Sumsel. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Ratusan titik panas atau hotspot ditemukan dalam sebulan terakhir di Sumsel. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel menyatakan, masyarakat terutama Satgas Karhutla harus melakukan upaya pencegahan.

Direktur Eksekutif Walhi Sumsel M Hairul Sobri mengatakan, titik panas yang terdeteksi melalui satelit Aqua, Landsat-8, dan NOAA itu sepanjang Mei ini saja lebih dari 100 titik yang tersebar di sejumlah kabupaten rawan Karhutla seperti Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Keberadaan titik panas tersebut, jika tidak mendapat perhatian penanggulangannya bisa menjadi titik api yang mengakibatkan bencana kabut asap dampak dari terbakarnya lahan pertanian, perkebunan, dan kawasan hutan.

"Dalam kondisi masih pandemi Covid-19, perhatian untuk penanganan wabah virus corona harus sama besar dengan karhutla, bencana kabut asap tidak kalah bahayanya dengan virus, karena dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan masyarakat, bahkan bisa menyebabkan kematian," ujarnya, Senin (31/5/2021).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: