Pusat Latihan Tempur TNI AD Bertaraf Internasional di Baturaja OKU Diresmikan

Widori Agustino ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 23:30 WIB
Pusat Latihan Tempur TNI AD Bertaraf Internasional di Baturaja OKU Diresmikan
Dankodiklatad Letjen TNI Anto Mukti Putranto menandatangani prasasti peresmian di simpang Batumarta Baturaja, Kabupaten OKU, Sumsel, Selasa (11/2/2020). (Foto: iNews/Widori Agustino)

BATURAJA, iNews.id – Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Brigade Tim Pertempuran milik Kodiklat TNI AD di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), diresmikan, Selasa (11/2/2020). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di simpang Batumarta Baturaja.

Komandan Kodiklatad (Dankodiklatad) Letnan Jenderal TNI Anto Mukti (AM) Putranto mengatakan, Puslatpur Kodklat TNI AD itu dibangun sebagai bagian dari pembenahan daerah pelatihan untuk tingkat brigade tim pertempuran. Kodiklat ingin mewujudkan pusat latihan tempur bertaraf tingkat internasional.

“Tempat latihan tempur ini sama dengan saat saya berkunjung ke Joint Readiness Training Center Amerika Serikat. Itu sangat luar biasa. Apa salahnya kita mencontoh walau tidak sama persis? Minimal memberikan gambaran,” kata Letjen TNI AM Putranto usai penandatanganan prasasti.

Puslatpur ini dibangun di lahan seluas 12.000 hektare dari lahan seluas 43.000 ha yang dimiliki TNI AD. Nantinya kawasan ini selain untuk latihan prioritas, juga digunakan untuk peningkatan prajurit di jajaran TNI AD. Puslatpur bahkan bisa menjadi lokasi latihan gabungan TNI.

Pembangunan akan dilanjutkan dengan pembangunan beberapa fasilitas latihan untuk mendukung pada kegiatan latihan berikutnya. “Kemudian juga akomodasi yang akan digunakan para pelatih ataupun para pelaku yang selama ini belum ada,” katanya.

Dia juga mengatakan pembangunan Puslatpur merupakan hasil kerja sama. Kodiklat AD mendapatkan dana hibah dari PT KAI dan PT BA. “Kami juga dibantu oleh Bapak KSAD untuk mewujudkan daerah latihan ini menjadi bertaraf tingkat internasional,” ujarnya.

Peresmian dihadiri oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan serta petinggi di tubuh TNI AD. Kegiatan peresmian juga dirangkaikan dengan penanaman pohon buah dan peninjauan langsung ke titik tinjau latihan tempur di Objek Militer Baturaja (Omiba).


Editor : Maria Christina