Presiden Jokowi tentang Covid-19: Turunkan Angka Kematian Serendah-rendahnya

Felldy Utama ยท Senin, 27 Juli 2020 - 15:05 WIB
Presiden Jokowi tentang Covid-19: Turunkan Angka Kematian Serendah-rendahnya
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Komite Penanganan Covid-19 untuk menekan angka kematian akibat Covid-19. Tak main-main, dia meminta agar angka kematian harus diturunkan serendah-rendahnya.

"Targetnya saya kira jelas, turunkan angka kematian serendah-rendahnya, tingkatkan angka kesembuhan setinggi-tingginya, dan kendalikan laju pertumbuhan kasus-kasus positif baru secepat-cepatnya," kata Jokowi dalam arahan rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Jokowi menambahkan, penanganan penyebaran Covid-19 harus difokuskan ke-8 provinsi yang menyumbang angka penularan terbesar, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Untuk mewujudkan target tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar pengujian, penelusuran, dan perawatan pasien Covid-19 harus dilakukan secara masif dan lebih agresif.

Jokowi juga memerintahkan agar jika ada persoalan terutama menyangkut kekurangan peralatan tes, mesin PCR, kapasitas lab, APD, dan peralatan rumah sakit mesti segera diselesaikan.

"Komunikasi dengan rumah sakit, masyarakat, dan daerah harus dilakukan seefektif mungkin," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto